Bagikan link, dapat dolar

Bentuk Rupa Telur Nyamuk dalam Proposal Penelitian

Bentuk Rupa Telur Nyamuk dalam Proposal Penelitian - Ya.  Ini adalah proposal penelitian Biologi. Kok Biologi? Bukannya, kuliahnya di Pendidikan Matematika??? Yupss. Sebenarnya itu adalah salah satu tugas dalam mata kuliah BioLogi dasaR.

Sejak SMA, saya suka "melihara" jentik nyamuk dalam akuarium mini. Jangan Khawatir, akurium itu tertutup namun masih ada lubang udara. Dengan asumsi, ketika jentik nyamuk sudah berubah menjadi nyamuk, maka nyamuk-nyamuk itu tidak bisa melarikan diri dari akuarium mini itu.

Akuarium Mini
 
Ketika, sedang menangkapi atau menjaring jentik nyamuk, saya melihat ada lendir yang terombang-ambing di tepian permukaan air di drum penampungan. Penasaran, saya ambil lendir itu. Diameternya lebih kurang 0,4 cm dengan panjang kira-kira 0,5 - 1,5 cm. Pada lendir itu terdapat titik-titik orange atau merah bata (sepenglihatan saya) tersusun rapi, berjejer satu-satu membentuk garis spiral sepanjang lendir itu. Yang saya tidak tahu apa itu sampai sekarang.

Saya menyebutnya setiap satu lendir itu adalah satu koloni. Terkaan saya, ah, mungkin ini telur nyamuk. Muncul ide, lendir-lendir itu saya masukan ke dalam akuarium mini. Hari berganti hari. Pada lendir-lendir itu muncul serabut halus berwarna putih yang bergerak. Sementara, titik-titik merah bata itu sudah tak nampak. Dengan menajamkan penglihatan, ternyata dalam akurium mini itu banyak serabut halus tadi mungkin ada ratusan yang bergerak berenang ke sana kemari. Yang ukurannya sekitar 1 - 2 mm.

TUnggu ditunggu, serabut halus itu makin sedikit jumlahnya. Dan akhirnya tak tersisa satu pun. Entah apa yang salah. Mungkin karena saya kurang paham dengan seluk beluk kehidupan nyamuk.



Karena inilah, akhirnya proposal penelitian mata kuliah Biologi Dasar, mengambil tema nyamuk. Dengan bahasan Pembuktian Nyamuk Betina Adalah yang Menghisap Darah. Dengan asumsi, ketika nyamuk itu sudah menghisap darah apakah akan bertelur atau tidak. Jika YA, maka saya dapat mengetahui rupa bentuk telur nyamuk.

Untuk langkah-langkah eksperimennya mungkin saya tuliskan lain waktu. Demikianlah postingan Bentuk Rupa Telur Nyamuk dalam Proposal Penelitian.

Semoga bermanfaat.
Salam...

No comments:

Daftar Isi