Bagikan link, dapat dolar

Skripsi Pendidikan Matematika: Duet Musik Instrumental dan Pembelajaran

Skripsi Pendidikan Matematika - Kali ini, saya bercerita tentang tugas akhir kuliah (skripsi) yang sedang saya susun. Setelah cari-mencari judul, saya putuskan dua judul yang akan diajukan kepada kketua program studi.

Judul 1:
"Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep Matematika Siswa"

Judul 2:
"Pengaruh Kemampuan Awal dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa"

Judul tersebut akan disetujui salah satunya oleh ketua program studi pendidikan matematika. Lewat satu bulan, akhirnya keluar pengumuman judul-judul skripsi yang disetujui. Dan judul saya yang disetujui adalah
judul kedua.

Judul sudah ada. Dilanjutkan dengan mencari literatur. Hmm... Dicari-cari, kok, saya rada sulit mendapatkan referensinya, ya.. 

Akhirnya, dengan segala pertimbangan, judul itu saya ganti lagi. Tentunya dengan konsultasi pada dosen pembimbing dan disetujui.

Ide judul final ini saya dapatkan ketika mencari literatur untuk judul awal tadi, yaitu dari sebuah bukunya Adi W. Gunawan, [seorang doktor pendidikan - penulis - pakar Mind Technology]: Genius Learning Strategy. Salah satu babnya menjelaskan bagaimana musik khususnya musik instrumental dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran. Dalam bab tersebut juga disebutkan musik-musik apa saja yang pas dengan kondisi pembelajaran di kelas.

Buku ini termasuk langka di Perpustakaan Unila, hanya ada dua eksemplar. Itu pun yang satu ada di rak cadangan lantai 2 (menurut data komputer), namun saya pernah mencarinya tapi tidak ketemu (sedangkan di keterangan adalah tersedia di rak cadangan lantai 2).



Yupss,, judul tersebut yang saya terus lanjutkan adalah:

"Pengaruh Musik Instrumental dalam Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa"
Studi penelitian dilakukan pada siswa SMP kelas VII.

Saat seminar proposal, pertanyaan yang diduga akan muncul ternyata benar-benar muncul. "Mengapa musik intrumental (dalam proposal penelitian saya) dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran?"

Pertanyaan yang sama dengan apa yang ada dipikiran saya. Pertanyaan tersebut akan saya jawab di kisah selanjutnya.
Demikianlah sekilas tentang Skripsi Pendidikan Matematika: Duet Musik Instrumental dan Pembelajaran dari saya. Semoga bermanfaat. 

Salam,

No comments:

Daftar Isi