Bagikan link, dapat dolar

Cara Otomatis Menghilangkan Nomor Halaman Pertama di Microsoft Word

Cara Otomatis Menghilangkan Nomor Halaman Pertama di Microsoft Word  - Yupss, benar ini hanyalah sekedar catatan trik bagaimana menghilangkan nomor halaman pada halaman pertama di document Microsoft Word.
Mungkin sudah banyak yang tahu dengan trik ini. Namun, tak ada salahnya untuk menuliskan kembali. Irung-itung untuk mengasah dan berlatih menulis.. :)
Mari, Menulis... (^_^)/ 

Langsung saja…
Karena, saat ini saya sedang berstatus mahasiswa, mungkin saya bisa mewakili perasaan mahasiswa lainnya tentang tata cara membuat karya tulis ilmiah yang mudah itu bagaimana. Entah hanya sekedar tugas makalah dari dosen, mengikuti lomba karya tulis ilmiah, atau sedang mengerjakan tugas akhir (TA)/ skripsi.

Dalam kesempatan ini, saya menuliskan catatan tentang tata cara penulisan karya ilmiah khususnya dalam hal penomoran halaman. Perlu diketahui, dalam setiap penulisan karya ilmiah (makalah, skripsi, tesis, disertasi, dll) pasti terdapat:
BAB I – BAB II – BAB III – BAB IV – BAB V – dst…
Dengan ketentuan, halaman yang memuat judul bab tidak diberi nomor halaman namun tetap dihitung dalam penomoran.

Untuk memberi penomoran halaman di Ms. Word cukup mudah. Cukup klik menu Insert – Page number. Kemudian pilih sesuai selera: Top of Page atau Bottom of Page. Hasilnya adalah semua halaman mendapat nomor dan tampak. Lalu, bagaimana menghilangkan nomor halaman padalembar yang memuat judul BAB??

Bagi, saya yang kala itu belum tau apa-apa akhirnya menggunakan metode “ngakali”. Menggunakan apa yang ada. Tak ada rotan, akar pun jadi. Lalu, bagaimana caranya?

Yupss, kita hanya perlu menggambar sebuah bentuk: persegi, lingkaran, segitiga, awan, atau lainnya yang tersedia pada fasilitas menu  Insert – Shapes. Tidak perlu besar-besar, yang penting cukup untuk menutupi nomor halaman yang akan kita hilangkan. Selanjutnya, geser gambar bentuk itu ke nomor halaman yang akan dihilangkan sampai nomor halaman itu tak nampak. Gambar tersebut jangan lupa di-edit. Ubah gambar bentuk tersebut berwarna putih menyesuaikan warna halaman dan line color-nya berwarna putih atau No Outline pada pilihan Shape Outline.
Finally, nomor halaman pertama sukses dihilangkan.





Dan ternyata bukan hanya saya yang menggunakan metode “ngakali”  ini. Saya pun menjumpai skripsi (soft copy)sudah jadi dan terbit dalam bentuk hard copy yang juga menggunakan metode “ngakali”.

Suatu ketika, saya iseng mengutak-atik Ms.Word (harap maklum, terkadang saya hobi ngutak-ngatik). Tanpa sengaja saya menemukan cara simpel untuk menghilangkan nomor halaman pada halaman pertama. Ternyata, om Bill Gates telah memperhatikan tata cara penulisan karya ilmiah yang seperti ini, sehingga beliau menyediakan suatu fasilitas untuk memudahkan dalam mengatur penomoran halaman Ms. Word. Hehee.. Berikut caranya..
·         Setelah membuat nomor halaman (Insert – page number), aktifkan area nomor halaman (klik dua kali pada area halaman jika belum aktif)


·         Jika sudah aktif, maka akan tampil menu khusus “Desain” 

 
·         Cari pilihan ”Different First Page”. Beri centang pada kotak kecil di kirinya.

Sekarang cek halaman pertama lembar Ms.Word anda.
Bagaimana? :)


Sayangnya, cara ini tidak berlaku untuk halaman BAB yang berada selain di halaman pertama (sepengetahuan saya sementara, begitu). Jadi, disarankan untuk mempermudah pekerjaan, buatlah document Ms.Word yang berbeda untuk setiap BAB.

Demikianlah sedikit catatan saya kali ini tentang Cara Menghilangkan Nomor Halaman Pertama.
Semoga bermanfaat.
 
Salam,. :)

1 comment:

AnnadainiN said...

tips yang sangat bermanfaat, coba dulu...

Daftar Isi