Bagikan link, dapat dolar

Cara Upload Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung

Cara Upload Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung - Pada Januari 2012 lalu terdapat surat edaran dari Ditjen Dikti tentang kewajiban publikasi karya ilmiah sebagai salah satu syarat lulus program sarjana. Karya ilmiah tersebut harus diterbitkan/ dipublikasikan jurnal ilmiah. Tidak harus terbit pada jurnal nasional (bagi sarjana program S1). Ketentuan ini berlaku mulai kelulusan Agustus 2012. Lebih jelasnya, berikut surat edaran tersebut.

Klik! Untuk tampilan lebih besar.
Khusus bagi mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Universitas Lampung telah disediakan fasilitas publikasi karya ilmiah (jurnal) online pada FKIP UNILA Journal System, yaitu Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung. Karya ilmiah tersebut dapat mahasiswa terbitkan sendiri. Namun, sebelumnya sebagai mahasiswa yang akan mempublikasikan karya ilmiah maka mahasiswa tersebut harus mendaftarkan diri sebagai author pada sistem jurnal tersebut. Cukup mudah cara mendaftarnya. Syaratnya adalah cukup NPM sebagai username dan memiliki alamat e-mail aktif. Berikut langkah-langkahnya.

1. Masuk ke FKIP UNILA Journal System (klik).
2. Cari Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung. Klik Register.








3. Akan tampil form register. Isikan biodata yang bertanda bintang (wajib diisi) selebihnya bisa dilengkapi nanti. Wajib diisi: Username (isikan dengan NPM), Password, Repeat Password, First Name, Last Name, Email, Confirm Email. Selanjutnya pada bagian bawah terdapat Working Languages (pilih Indonesia) dan Register as (cheklist Reader dan Author saja).

















4. Klik tombol ungu Register di bagian bawah. Belum selesai sampai di sini. Karena Anda harus konfirmasi ke admin pengelola (khusus Pend. Matematika adalah Ibu Dr. Tina Yunarti, M.Si atau Bpk. Agung Putra Wijaya, M.Pd.) bahwa Anda telah melakukan pendaftaran sebagia author, sehingga pendaftaran Anda bisa segera di-approve. Setelah di-aprove, Anda baru bisa menerbitkan jurnal.

Untuk menerbitkan jurnal/ karya ilmiah, diperlukan alamat e-mail dari kedua dosen pembimbing. Selain itu siapkan file jurnal yang akan diterbitkan dengan syarat sebagai berikut:
  • Judul dalam bahasa Indonesia maksimal 12 kata. 
  • Abstrak maksimal 200 kata dalam bahasa Inggris
  • Isi artikel jurnal (biasanya dibuat dalam bentuk dua kolom di bawah abstrak)
Berikut langkah-langkah menerbitkan jurnal:
1. Pastinya Anda harus login pada FKIP UNILA Journal System, kolom login terdapat pada sisi kanan. Tampilan setelah login.


















2. Selanjutnya klik New Submission, masuk step 1: Checklist semua kotak pada bagian Submission Checklist. Klik Save and continue.



































3. Step 2. upload file jurnal. Browse file. klik Upload. Setelah file sukses di upload maka akan tampil:




















Klik Save and continue.

4.  Masuk Step 3: Add Author, yaitu menambahkan nama dan alamat e-email kedua pembimbing. Klik untuk menambahkan satu author (salah satu dosen pembimbing sesuai urutan pada file jurnal). Klik Add Author sekali lagi untuk menambahkan dosen pembimbing yang kedua. Klik Save and continue.

5.  Selanjutnya muncul kotak isian Judul dan Abstract. Isikan keduanya sesuai jurnal Anda. 
***Ingat, JUDUL maksimal 12 kata dalam bahasa Indonesia dan ABSTRAK maksimal 200 kata dalam bahasa Inggris***

UPDATE 13 APRIL 2013:
Setelah mengisikan judul dan abstrak, 
Isikan daftar pustaka jurnal tanpa judul "DAFTAR PUSTAKA"
pada kotak isian References

Klik Save and continue.

6.  Masuk Step 4. Untuk step ini abaikan saja. Langsung klik Save and continue.
7. Masuk Step 5. Finish. Artinya, jurnal Anda telah berhasil terpublikasi pada Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung.

Selanjutnya, untuk melihat jurnal anda, di home klik active. Maka akan muncul judul karya ilmiah. Klik judul tersebut, sehingga tampil rincian jurnal karya ilmiah Anda. Nah, tampilan inilah yang harus Anda PrintScreen sebagai tanda bukti peng-upload-an jurnal Anda yang akan digunakan dalam Pendaftaran Ujian Skripsi. Setelah di PrintScreen, bisa langsung paste-kan di Microsoft Word.

UPDATE 13 APRIL 2013:
Untuk mencetak bukti upload jurnal, harus konfirmasi ke pengelola Jurnal 
Pendidikan Matematika Universitas Lampung

Demikianlah sedikit catatan saya tentang Cara Upload Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung. Semoga bermanfaat.

###Jika masih ada yang kurang paham atau ada yang ingin ditambahkan atau terdapat kekurangan, bisa utarakan di kolom komentar. CMIIW..***

Terimakasih.
Salam,

*Pengarahan Cara Upload Jurnal oleh Ibu Dr. Tina Yunarti, M.Si. dan  Bpk Agung Putra Wijaya, M.Pd. (dosen Pendidikan Matematika FKIP Unila): Jumat, 5 April 2013

No comments:

Daftar Isi