Bagikan link, dapat dolar

Eclipse Crossword, Software Pembantu Tugas Kuliah [BIP-Matematika]

Eclipse Crossword, Software Pembantu Tugas Kuliah [BIP Matematika] - Jaman sekarang, teknologi semakin canggih. Banyak software betabaran di mana-mana. Pernah kepikiran: Software apa yang bisa membantu mengerjakan tugas kuliah. Jawabannya: Banyak. Tergantung jenis tugasnya.

Nah, kali ini adalah salah satu tugas kuliah Bahasa Inggris Profesi Matematika (BIP) yang bisa dipermudah pengerjaannya dengan menggunakan software. Yupss.. Software Eclipse Crossword.


Sebenarnya itu merupakan software pembuat Teka-teki Silang (TTS). Lantas, mengapa bisa digunakan untuk mempermudah mengerjakan tugas kuliah??


Jadi, begini. Kala itu saat kuliah BIP sore-sore (jadwalnya memang sore.. ^^), para mahasiswa diminta berkelompok maksimal lima orang. Tugasnya adalah membuat scrabble, maksudnya menyusun kata seperti scrabble dengan menggunakan istilah matematika, minimal 20 kata. Pastinya Istilah Matematika dalam Bahasa Inggris yah.. ^^) Contohnya seperti Nama-nama bangun Ruang dalam Bahasa Inggris.


Kebayang, kan gimana kalau dikerjakan manual? Papan Scrabble berukuran 15×15, harus muat 20 istilah matematika dalam Bahasa Inggris. (Sebenarnya, tidak harus 15×15. Karena dosennya tidak mengatakan ketentuan tersebut. Jadi, hasilnya tidak harus 15×15. Hehee..)





Seketika saya teringat software pembuat TTS. Eclipse Crossword. Langsung saja, dibuka software tersebut. Kebetulan saat itu ane bawa netbook. :D


Software ini cukup mudah digunakan. (Padahal sempat kebingungan cara melihat previewnya, karena sudah lama tak mengutak-atik Eclipse Crossword.) Cukup meng-input pertanyaan dan jawabannya untuk membuat TTS. Ukuran kotak pun bisa kita sesuaikan.


Untuk mengerjakan tugas BIP ini hanya diperlukan lembar kunci isian TTS. Jadi, untuk form pertanyaan diisi asal saja (Contoh: hbnb) karena memang harus diisi. Kemudian, input kunci jawabannya yaitu istilah matematika dalam bahsa inggris tadi. Setiap satu pernyataan enter dilanjutkan kunci jawaban, enter lagi. Begitu seterusnya sampai minimal 20 istilah. Lebih silakan. :). Ukuran kotak bisa diatur 15×15, 23×16, atau berapapun, tergantung selera.


Setelah peng-input-an selesai, tinggal dilihat preview-nya. Terlihat, semua istilah matematika tadi sudah berbentuk scrabble/TTS. Nah, inilah yang disalin ke lembar tugas kelompok. Mudah, cepat, dan efisien. Kemudian, kunci jawaban dan pertanyaan muncul dalam bentuk microsoft word.


Scabble/ TTS


KUNCI JAWABAN - Pertanyaan


Mau mencoba? Monggo di-browsing Download Eclipse Crossword di lapaknya Mbah Gugel.. atau klik di sini (^_^)


Demikianlah, sedikit catatan dari saya tentang EclipseCrossword, Software Pembantu Tugas Kuliah [BIP-Matematika]. Semoga bermanfaat.

Baca juga Software Analisis Butir Soal/Tes (Anabut)



Salam,.



2 comments:

Reef said...

yaa... mantap mantap... perlu nih dicoba :) Makasih ya

Unknown said...

monggoo... kalo ane kadng iseng buat TTS harus sdiain bnyak prtanyaan.. :D

thanks dah mampir

Daftar Isi